Pemerintah Provinsi Papua mewacanakan untuk membangun fly over (jalan layang) menuju ke Kampung Harapan Kabupaten Jayapura, guna mengatasi masalah kemacetan saat perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2020 di helat.

Hal demikian disampaikan Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda Provinsi Papua Yusuf Yambe Yabdi di Jayapura, akhir pekan kemarin, kepada kepada wartawan.

“Tak hanya fly over, bahkan ada juga usulan lain untuk membuat jalan alternatif di Kampung Harapan. Dengan harapan bisa mengalihkan arus lalu lintas pada saat penyelenggaraan PON.

“Namun sekali lagi ini masih daam pengkajian, sehingga untuk kepastiannya masih akan ada pembahasan lebih lanjut sambil kita menunggu Peraturan Presiden (Perpres) PON 2020 yang kita harapkan turun dalam waktu dekat,” terang dia.

Tak hanya itu, pembangunan infrastruktur pendukung seperti air bersih pun menjadi perhatian pihak pemerintah provinsi melalui instansi terkait. Kemudian, kebutuhan energi listrik dan telekomunikasi yang tentunya wajib untuk tersedia jelang perhelatan PON.

“Infrastruktur – infrastruktur pendukung ini semua penting dan tak kalah pentingnya untuk transportasi. Karena itu, kita sedang bekerja keras supaya tujuan ini bisa tercapai dan Papua bisa mencetak sejarah sebagai daerah yang sudah pernah menyelenggarakan PON,” jelasnya.

Pada kesempatan itu, Yusuf Yambe Yabdi berharap seluruh panitia PON XX 2020 agar berkontribusi penuh mewujudkan pelaksanaan even empat tahunan tersebut di Bumi Cenderawasih.

“Contohnya ada kurang lebih 12 komponen strategis yang berpotensi memberikan kontribusi terhadap suksesi penyelenggaraan PON, selain SDM, transportasi, akomodasi, konsumsi, keamanan”.

“Hal lainnya untuk kepanitiaan yang dikoordinatori Biro Perekonomian Daerah Setda Papua, contohnya mereka bisa melakukan konsolidasi dengan BUMN dan BUMD untuk memaksimalkan Community Social Responcibility (CSR)”.

Dia juga mendorong penggunaan komponen pemasaran (marketing) agar mampu mendatangkan pemasukan menyongsong even nasional tersebut.*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here