Gubernur Papua, Lukas Enembe, SIP, MH berbuka puasa bersama dengan Pemerintah Kabupaten Mimika, TNI/Polri dan masyarakat di halaman Pendopo Timika, Minggu .

Gubernur dalam sambutan singkatnya mengajak semua pihak di Papua supaya menghargai ideologi Pancasila dan tidak membawa paham radikal ke Papua. Bahkan Gubernur juga mengakui bahwa bersama dengan Forkompimda di Papua telah menandantangani pakta integritas yang menolak dengan tegas kehadiran paham radikal.

“Kita harus bersyukur karena di negeri ini kita dapat dipersatukan oleh ideologi Pancasila yang menjadi landasan hidup berdemokrasi meskipun di negeri ini mayoritas muslim,”ungkapnya.

Dalam kesempatan itu, Gubernur juga mengharapkan kepada semua pihak untuk menjaga kerukunan umat beragama dan hendaknya hidup dalam kebersamaan karena hingga kini Papua masih tercatat sebagai Papua tanah damai.

“Saya menyampaikan selamat menunaikan ibadah puasa bagi semua umat muslim di Timika. Semoga apa yang saudara/i jalani ini menjadi berkat bagi kita semua,”ucapnya.

Gubernur juga mengajak semua pihak di Papua secara umum dan Mimika secara khusus untuk tetap menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Sebab, jika ada pihak-pihak yang ingin memaksakan paham sendiri dengan merubah ideologi Pancasila maka Papua akan ambil sikap karena hingga kini Papua masih menghargai ideologi Pancasila,”ajaknya.Disamping itu, Gubernur juga mengingatkan masyarakat Mimika agar mengedepankan pendekatan persuasif, karena selama ini sering terjadi perang suku maupun hal-hal yang merugikan di Mimika.

“Kami harap semua pihak di Mimika tidak lagi hidup dalam peperangan dan harus bisa saling mengasihi satu sama lain,”tuturnya.

Senada dengan itu, Bupati Mimika, Eltinus Omaleng, SE mengharapkan kepada masyarakat di Mimika jangan cepat terhasut dan terprovokasi dengan paham-paham radikal yang merugikan kerukunan umat beragama di Mimika.

“Saya harapkan kita tidak terpengaruh dengan pihak-pihak yang ingin mengacaukan Mimika dengan paham-paham radikal,”pungkasnya.

Sekedar diketahui, Gubernur Papua didampingi Asisten I Bidang Pemerintahan Sekda Papua, Doren Wakerwa, SH akan bertolak menuju Kabupaten Nduga dalam rangka peresmian Gereja..*/rev/2017/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here