Pemerintah daerah Kabupaten Yahukimo, Papua, menargetkan tahun 2018 bisa meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPR RI perwakilan Papua, setelah 2 tahun ini (2016 dan 2017) meraih opini Wajar Dengan Pengecualian (WDP).

Bupati Yahukimo Abock Busup mengatakan, untuk mengejar WTP tentunya tidak mudah, perlu kerja keras dan lebih teliti lagi.

“Dua tahun berturut-turut kabupaten Yahukimo meraih WDP jadi untuk tahun depan saya targetkan bisa WTP, masa WDP terus,” ( Abbock Busup, S.TH, M.A )

Menurut Abock, untuk mewujudkan WTP tentunya bukan hal yang mudah, perlu kerja keras dan memperbaiki apa yang menjadi catatan dari BPK RI.

” Jadi ada empat hal yang harus diperhatikan agar  mendapat opini WTP, yaitu penyajian laporan keuangan harus sesuai dengan standar akuntansi pemerintahan. Kedua, informasi yang ada dalam nota laporan keuangan harus cukup memadai sehingga pembaca laporan dapat memahamai isinya,” jelasnya.

Ketiga lanjutnya,  sistem pengendalian interen yang harus memadai, dengan sistem yang bagus sehingga penyimpangan dapat dicegah. Dan keempat, patuh terhadap perundang-undangan yang berlaku.*( Adrian Indra/TMP/I/2017 )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here